TARIQAT / THORIQOH

kampus samudra ilmu hikmah
Di tulis Ulang Oleh: Muhammad Khori Al Qodiri (a.k.a) Rachmad Eres
Majelis Dzikir Sholawat & Manaqib SAQJ, “Karomatul Qodiri” – Jakarta Selatan 
Thoriqoh Mu’tabaroh An Nadhliyah ASWAJA NU ” Thoriqoh Qodiriyah Wanaqsabandiyah” 

TARIQAT MUKTABARAH DI INDONESIA. 

Pengertian Tarekat. 
Secara bahasa: 
Tarekat berasal dari bahasa Arab adalah “ طريقـة /thariqah ”, jamaknya ئيق طرا /tharaiq, yang berarti: 

1) Jalan atau petunjuk jalan atau cara (al-kaifiyyah), 
2) Metode, system (al-uslub), 
3) Mazhab, aliran, haluan (al-mazhab), 
4) Keadaan (al-halah), 
5) Tiang tempat berteduh, tongkat, payung (‘amud al-mizalah). 


Secara Istilah : 
1) Menurut Ensiklopedi Islam tarekat berarti ; “perjalanan seorang saleh (pengikut tarekat) menuju Tuhan dengan cara menyucikan diri atau perjalanan yang harus ditempuh oleh seseorang untuk dapat mendekatkan diri sedekat mungkin kepada Tuhan” 
(Ensiklopedi Islam, Cetakan keempat, Jilid 5, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, ( Jakarta : PT Ichtiar baru van hoeve, 1997), 66) 

2) Menurut Al-Jurjani ‘Ali bin Muhammad bin ‘Ali (740-816 M), tarekat ialah : 
“metode khusus yang dipakai oleh salik (para penempuh jalan) menuju Allah Ta’ala melalui tahapan-tahapan/maqamat”.

 


Dengan demikian tarekat memiliki dua pengertian, 

ü pertama ia berarti metode pemberian bimbingan spiritual kepada individu dalam mengarahkan kehidupannya menuju kedekatan diri dengan Tuhan. 

ü Kedua, tarekat sebagai persaudaraan kaum sufi (sufi brotherhood) yang ditandai dengan adannya lembaga formal seperti zawiyah, ribath, atau khanaqah (sufinews.com). 


3) Abu BakarAceh ; “Sebuah tarekat biasanya terdiri dari penyucian batin, kekeluargaan tarekat, upacara keagamaan, dan kesadaran sosial. Penyucian batin melalui latihan rohani dengan hidup zuhud, menghilangkan sifat-sifat jelek, mengisi sifat terpuji, taat atas perintah agama, menjauhi larangan, taubat atas segala dosa dan muhasabah introspeksi terhadap semua amal pribadi. Kekeluargaan tarekat biasanya terdiri dari syaih tarekat, syaikh mursyid (khalifahnya), mursyid sebagai guru tarekat, murid dan pengikut tarekat, serta ribath (zawiyah) tempat latihan, kitab-kitab, system dan metode zikir. 
Upacara keagamaan bisa berupa baiat, ijarah atau khirqah, silsilah, latihan-latihan, amalan-amalan tarekat, talqin, wasiat yang diberikan dan dialihkan seorang syaikh tarekat kepada murid-muridnya” 

4) KH. Habib Luthfiy Ali bin Yahya (Ro’is A’am Jam’iyyah Ahli Thariqah Al-Mu’tabarah An Nahdliyah) kepada NU Online di sela-sela Muktamar X badan otonom NU di Pekalongan, Selasa, (29/3/2009). 
# Secara harfiah Tarekat berarti : Jalan atau cara untuk mencapai tingkatan-tingkatan (maqamat) untuk mendekatkan diri kepada Tuhan. 
Sufisme atau dalam Islam diberi nama tasawuf , bertujuan untuk memperoleh hubungan langsung dengan Tuhan. Intisari sufisme, adalah kesadaran akan adanya komunikasi rohaniah antara manusia dengan Tuhan lewat jalan kontemplasi. Jalan kontemplasi tersebut, dalam dunia tasawuf dikenal dengan istilah tarekat,” .. 

Tarekat Mu’tabarah 
Pengertia nMenurut Sri Mulyati (2004:9), salah satu tolok ukur yang sangat penting bagi sebuah tarekat muktabarah (dianggap sah) atau tidaknya adalah unsur silsilah. 

KH. Dzikron Abdullah menjelaskan, awalnya Thoriqoh itu dari Nabi yang menerima wahyu dari Allah, melalui malaikat Jibril. Jadi, semua Thoriqoh yang Mu’tabaroh itu, sanad (silsilah)-nya muttashil (bersambung) sampai kepada Nabi. Kalau suatu Thoriqoh sanadnya tidak muttashil sampai kepada Nabi bisa disebut Thoriqoh tidak (ghoiru) Mu’tabaroh. 

Barometer lain untuk menentukan ke-mu’tabaroh-an suatu Thoriqoh adalah pelaksanaan syari’at. Dalam semua Thoriqoh Mu’tabaroh syariat dilaksanakan secara benar dan ketat. 

KH. Habib Luthfiy Ali bin Yahya (Ro’is A’am Jam’iyyah Ahli Thariqah Al-Mu’Tabarah An Nahdliyah) 

ü Secara harfiah Tarekat berarti : Jalan atau cara untuk mencapai tingkatan-tingkatan (maqamat) untuk mendekatkan diri kepada Tuhan. 

ü Dalam tasawuf, jumlah tarekat sangat banyak, tetapi kaum sufi mengelompokkan tarekat menjadi dua jenis, yaitu 
– Tarekat mu’tabar (thariqah yang mutashil (tersambung) sanadnya kepada Nabi Muhammad SAW), dan 
– Tarekat ghairu mu’tabar (thoriqoh yang munfashil (tidak tersambung) sanadnya kepada Nabi Muhammad. 

ü Untuk menghindari penyimpangan sufisme dari garis lurus yang diletakkan para sufi terdahulu, maka NU meletakkan dasar-dasar tasawuf sesuai dengan khittah ahlissunnah waljamaah. Dalam hal ini, NU membina keselarasan tasawuf Al-Ghazali dengan tauhid Asy’ariyyah dan Maturidiyyah, serta hukum fikih sesuai dengan salah satu dari empat mazhab sunni (Maliki, Hanafi, Syafi’i, dan Hambali). 

Dalam kerangka inilah, Jam’iyyah Ahlith Thariqah Al-Mu’tabarah An-Nahdliyyah (Jatman) dibentuk, yaitu untuk memberikan sebuah rambu-rambu kepada masyarakat tentang tarekat yang mu’tabar dan ghairu mu’tabar. 

# Sejarah berdiri dan Perkembangan TM # 
a. Sejarah Tarekat di dunia Islam 
Tumbuhnya tarekat dalam Islam sesungguhnya bersamaan dengan kelahiran agama Islam, yaitu ketika nabi Muhammad SAW diutus menjadi Rasul. Fakta sejarah menunjukkan bahwa pribadi nabi Muhammad SAW sebelum diangkat menjadi Rasul telah berulang kali bertakhannus atau berkhalwat di gua Hira. Disamping itu untuk mengasingkan diri dari masyarakat Mekkah yang sedang mabuk mengikuti hawa nafsu keduniaan. Takhannus dan khalwat Nabi adalah untuk mencari ketenangan jiwa dan kebersihan hati dalam menempuh problematika dunia yang kompleks. Proses khalwat yang dilakukan nabi tersebut dikenal dengan tarekat. 

Hal ini ikut di pelajari oleh pengikut beliau, sampai akhirnya kepada Syaikh Abdul Qadir Djailani, yang dikenal sebagai pendiri Tarekat Qadiriyah. 

Tarekat sebagai sebuah jalan, dalam dunia tasawuf, banyak muncul pada abad ke-6 dan ke-7 Hijriyah, yaitu ketika tasawuf menempati posisi penting dalam kehidupan umat Islam. Dalam perkembangan selanjutnya, tarekat menjadi semacam organisasi yang kegiatannya tidak hanya terbatas pada wirid, zikir, tetapi pada masalah-masalah yang bersifat duniawi. 

b. Sejarah Perkembangan Tarekat Di Indonesia 
Indonesia yang terletak di antara dua benua dan dua samudra, yang memungkinkan terjadinya perubahan sejarah yang sangat cepat. Keterbukaan menjadikan pengaruh luar tidak dapat dihindari. Pengaruh yang diserap dan kemudian disesuaikan dengan budaya yang dimilikinyam, maka lahirlah dalam bentuk baru yang khas Indonesia. 

Misalnya : Lahirnya tarekat Qadiriyah Wa Naqsabandiyah, dua tarekat yang disatukan oleh Syaikh Ahmad Khatib As-Sambasy dari berbagai pengaruh budaya yang mencoba memasuki relung hati bangsa Indonesia, kiranya Islam sebagai agama wahyu berhasil memberikan bentukan jati diri yang mendasar. Islam berhasil tetap eksis di tengah keberadaan dan dapat dijadikan symbol kesatuan. Berbagai agama lainnya hanya mendapatkan tempat disebagian kecil rakyat Indonesia. Keberadaan Islam di hati rakyat Indonesia dihantarkan dengan penuh kelembutan oleh para sufi melalui kelembagaan tarekatnya, yang diterima oleh rakyat sebagai ajaran baru yang sejalan dengan tuntutan nuraninya. 
Tarekat sebagai sebuah jalan, dalam dunia tasawuf, banyak muncul pada abad ke-6 dan ke-7 Hijriyah, yaitu ketika tasawuf menempati posisi penting dalam kehidupan umat Islam. 

Dalam perkembangan selanjutnya, tarekat menjadi semacam organisasi yang kegiatannya tidak hanya terbatas pada wirid, zikir, tetapi pada masalah-masalah yang bersifat duniawi. 

Dalam tasawuf, jumlah tarekat sangat banyak, tetapi kaum sufi mengelompokkan tarekat menjadi dua jenis, yaitu tarekat mu’tabar (thariqah yang mutashil (tersambung) sanadnya kepada Nabi Muhammad SAW), dan tarekat ghairu Mu’tabar (thoriqoh yang munfashil (tidak tersambung) sanadnya kepada Nabi Muhammad. 

c. Sejarah Berdirinya Organisasi Tarekat Mu’tabarah di Indonesia 
Untuk menghindari penyimpangan sufisme dari garis lurus yang diletakkan para sufi terdahulu, maka NU meletakkan dasar-dasar tasawuf sesuai dengan khittah ahlissunnah waljamaah. Dalam hal ini, NU membina keselarasan tasawuf Al-Ghazali dengan tauhid Asy’ariyyah dan Maturidiyyah, serta hukum fikih sesuai dengan salah satu dari empat mazhab sunni. 
Dalam kerangka inilah, Jam’iyyah Ahlith Thariqah Al-Mu’tabarah An-Nahdliyyah (Jatman) dibentuk, yaitu untuk memberikan sebuah rambu-rambu kepada masyarakat tentang tarekat yang mu’tabar dan ghairu mu’tabar. 
Dari segi organisasi, Jatman secara de facto berdiri pada bulan Rajab 1399 H, bertepatan dengan Juni 1979 M. Tetapi, sebelum terbentuk Jatman, bibit organisasi tersebut telah lahir, yaitu Jam’iyyah Thariqah Al-Mu’tabarah. 
Kelahiran Jam’iyyah Ahlith Thariqah Al-Mu’tabarah An-Nahdliyyah tidak dapat dilepaskan dari Muktamar Nahdlatul Ulama (NU) ke-26 di Semarang. 

Sebelum terbentuk Jatman, ulama-ulama Indonesia yang berpaham Ahlus Sunnah Wal Jamaah dan aktif di dunia tarekat telah membentuk organisasi tarekat, dengan nama Jam’iyyah Thariqah Al Mutabarah. 
Pembentukan organisasi ini sebagai wadah untuk menetapkan tarekat-tarekat yang mu’tabar dan ghairu mu’tabar, sehingga umat Islam tidak terjebak dan salah dalam mengamalkan tarekat. Pembentukan organisasi ini sebagai langkah untuk menghindari gesekan atau perpecahan di tingkat grass root, akibat sikap fanatik yang berlebih-lebihan terhadap tarekat yang dianutnya. 
Hal ini dikarenakan kecenderungan pengikut suatu ajaran tarekat, dalam melakukan klaim kebenaran ajaran tarekat yang diikutinya. 

Jam’iyyah Thariqah AI Mu’tabarah didirikan oleh beberapa tokoh NU, antara lain : 
– KH Abdul Wahab Hasbullah, 
– KH Bisri Syansuri, 
– Dr KH ldham Chalid, 
– KH Masykur, serta 
– KH Muslih. 

Dengan tujuan awal untuk mengusahakan berlakunya syar’iat Islam dhahir-batin dengan berhaluan ahlussunnah wal jamaah yang berpegang salah satu dari mazhab empat, mempergiat dan meningkatkan amal saleh dhahir-batin menurut ajaran ulama saleh denganbaiah shohihah; serta mengadakan dan menyelenggarakan pengajian khususi/ tawajujuhan (majalasatudzzikri dan nasril ulumunafi’ah). 

Jam’iyyah Thariqah Al Mu’tabarah pertama kali melakukan muktamar pada tanggal 20 Rajab 1377 atau bertepatan dengan 10 Oktober 1957 di Pondok Pesantren API Tegalrejo Magelang. 
Muktamar pertama diprakarsai oleh beberapa ulama dari Magelang dan sekitarnya, seperti KH Chudlori, KH Dalhar, KH Siradj, serta KH Hamid Kajoran. 

Pada muktamar pertama mengamanatkan kepada KH Muslih Abdurrahman dari Mranggen, Demak, sebagai rais aam. 
Pada muktamar pertama. hal yang pertama dilakukan adalah memberikan bentuk serta pemahaman tentang thariqah aI-mu’tabarah. 

Dalam bahtsul matsail-nya, dibahas tentang definisi tarekat dan keanggotaan Jam’iyyah Thariqah Al Mu’tabarah, syarat dan kualifikasi seorang mursyid, khalifah dan badal, serta berbagai persoalan lainnya. Dalam muktamar ini belum diputuskan tentang anggaran dasar (AD) dan anggaran rumah tangga (ART), karena organisasi ini masih bersifat sebagaihalaqah antara kiai-kiai yang mengamalkan tarekat. Sifat Jamiyyah Thariqah AI Mu’tabarah, sebagai sebuah halaqah masih tetap dipertahankan sampai Muktamar ke-5 yang berlangsung di Madiun, Jawa Timur, pada tanggal 24-27 Rajab 1395 atau bertepatan dengan 2-5 Agustus 1975. 

Berikut Nama-nama Tarekat/Thoriqoh Mu’tabaroh An NAHDLIYYAH : 
1. Rumiyyah 
2. Rifaiyyah 
3. Sa’diyyah 
4. Bakriyyah 
5. Justiyyah 
6. Umariyyah 
7. Alawiyyah 
8. Abasiyyah 
9. Zainiyyah 
10. Dasuqiyyah 
11. Akbariyyah 
12. Bayumiyyah 
13. Malamiyyah 
14. Ghoibiyyah 
15. Tijaniyyah 
16. Uwaisiyyah 
17. Idrisiyyah 
18. Samaniyyah 
19. Buhuriyyah 
20. Usyaqiyyah 
21. Kubrowiyyah 
22. Maulawiyyah 
23. Jalwatiyyah 
24. Baerumiyyah 
25. Ghozaliyyah 
26. Hamzawiyyah 
27. Haddadiyyah 
28. Matbuliyyah 
29. Sumbuliyyah 
30. ‘Idrusiyyah 
31. Utsmaniyyah 
32. Syadliliyyah 
33. Sya’baniyyah 
34. Kalsyaniyyah 
35. Khodliriyyah 
36. Syathoriyyah 
37. Khalwatiyyah 
38. Bakdasiyyah 
39. Syuhrowardiyyah 
40. Thoriqoh Ahmadiyyah 
41. ‘Isawiyyah Ghorbiyyah 
42. Turuqi Akabiril – Auliyyak 
43. Qodiriyyah wa-Naqsyabandiyyah 
44. Kholidiyyah wa-Naqsyabandiyyah 
45. Haqqaniah wa Naqsyabandiyah 
46. Ahli Muzalamatil-Qur’an was-SunnahWadaailil Khoiroti Wata’limi-Fathil Qoribi Au-Kifayatul-Awami. 

Keterangan 
Nama-nama Thoriqoh yang terdapat dalam kitab ini antara lain : 
1. Ar-Rosyahat 
2. An-Nafahat 
3. At-Tajiyah 
4. Al-Khodimi 
5. Al-Khitoob 
6. Al-Ghunbah 
7. Al-Manaqib 
8. Bahjatul Asror 
9. Nadhatul-Qudsi 
10. Futuhatul-Ghoib 
11. Qolaidul Jawahir 
12. Miftahul-Ma’iyyah 
13. Al-Ghautsiyah 
14. Ar-Risalatul Qudsiyah 
15. Maktubatul-Imam Ar-Robbani 
16. Majmu’aturrosail ‘ala Ushulil-Kholidiyah 
17. Dan lain-lain 
Nama-nama Thoriqoh tersebut dinamakan Mu’tabaroh, sebab muttashil (tersambung) sanaduha bi Rosulillah SAW. Dan ajarannya diatur dalam kitab masing-masing. 


Dengan demikian aliran tarekat-tarekat ini adalah telah jelas sebagai tarekat muktabarah yang telah lama berkembang di Indonesia.. Selain itu,memperjelas kita betapa kaya khazanah ke-Islam-an di nusantara ini. 
(* diambil dari berbagai sumber/bacaan) 

=====

by, Muhammad Khori
kalqodiri@yahoo.com

Latest articles

Related articles

2 Comments

  1. Izin menyimak dangsanak & izinkan ana di lain waktu untuk mengizajahkan secara umum kepada para dangsanak KSIH bacaan wirid tarekat alawiyyah..Dan pada kesempatan kali ini ana akan mengizajahkan shalawat Fathimah.

    Shalawat Fathimah

    Shollallaahu ‘alaa thoohaa khoyril kholqi wa’laahaa wal karoomi abil kurmaa’i wazzahro’i wabnayhaa.shollallaahu robbunaa ‘alaa nuuril mubiin ahmadal mushthofaa sayyidil mursaliin wa ‘alaa aalihii wa shohbihii ajma’iin.

    ”Semoga Allah melimpahkan rahmat kepada Thoha (Nabi Muhammad saw), makhluk yang terbaik, tertinggi derajatnya, seorang hamba mulia, bapak kemuliaan. Semoga rahmat dilimpahkan juga kepada Fathimah azzahro dan kepada kedua anaknya (Hasan dan Husain). Semoga Allah, Tuhan kita, melimpahkan rahmat kepada cahaya yang jelas, yakni Ahmad yang terpilih, pemimpin para rasul, dan juga kepada keluarga dan para sahabatnya semua.

    Dibaca rutin 3x setiap selesai sholat fardhu, khasiatnya mahabbah wal haibah, dan menjadikan darah harum semerbak mewangi, lebih terlihat kelak ketika mati sudah jadi mayat, baik ketika mayat di semayamkan dirumah maupun pas dikubur, orang banyak akan mencium bau wanginya, dan bisa juga di uji coba selagi masih hidup dan yakin wirid sholawat fathimah ini telah bersenyawa pada dirinya, maka silahkan dikeluarkan darah dangsanak bisa pakai suntikan untuk di cium aroma wanginya. Adapun wanginya seperti wanginya selendang siti fathimah.

    SALAM PANJENENGAN MONGGO

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here