Ahli Fisika Nilai Jejak UFO Sleman Yakini Bukan Buatan Manusia,,,,???

 


dok/b8

Fisikawan Universitas Diponegoro Semarang Dr M. Nur menilai “crop circle” yang terlihat di Sleman, D.I. Yogyakarta adalah murni fenomena alam.
“Fenomena `crop circle` itu sudah terlihat sejak 1687 di berbagai negara di belahan dunia,” katanya di Semarang, Selasa, menanggapi fenomena “crop circle” yang muncul di Sleman.
Ia meyakini bahwa “crop circle” yang muncul di Sleman tersebut bukan buatan manusia maupun jejak “unidentified flying object” (UFO), namun murni suatu fenomena alam.
Tidak mungkin, kata dia, jika “crop circle” itu dibuat manusia, sebab polanya sangat rapi, bentuknya amat teratur, apalagi kemunculannya sangatlah tiba-tiba dan cepat.
Menurut dia, kalau “crop circle” itu buatan manusia, tentunya tidak mungkin sanggup mengerjakan sampai serapi itu, apalagi sanggup mengerjakan dalam waktu yang cukup singkat.
“Kan tidak ada orang yang tahu, tahu-tahu sudah ada (crop circle, red.). Saya meyakini itu hanya fenomena alam akibat intervensi ion yang disebut `elektro hidro dinamik`,” katanya.
Fisikawan yang telah enam tahun bergelut dengan ilmu fisika plasma itu menjelaskan fenomena “crop circle” disebabkan tertariknya ion-ion positif yang ada di awan ke bumi.
“Awan kan mengandung ion-ion negatif sedangkan bumi bermuatan negatif, suatu ketika bisa saja ion-ion itu tertarik ke bumi dan saling terintervensi membentuk pola,” katanya.
Biasanya, kata dia, pola yang terbentuk akibat intervensi ion yang sering disebut “angin ion” itu lingkaran, karena pergerakannya cenderung berbentuk spiral dan berputar-putar.
“Dalam waktu singkat, pola `crop circle` itu bisa terbentuk. Karena itu, mustahil kalau dibuat manusia, apalagi saya semakin yakin karena saat itu tengah hujan disertai angin,” katanya.
Ia mengatakan “crop circle” itu bisa terjadi di mana saja, namun polanya akan terlihat jika mengenai bidang datar yang lunak, misalnya di semak belukar, ladang gandum, dan sawah.
“Apakah di atap rumah (genting, red.) dan pepohonan tidak bisa terkena? Bisa saja, namun pola yang terbentuk tidak akan terlihat karena bidangnya tidak datar dan cenderung keras,” katanya.
Nur menambahkan kejadian “crop circle” ini bisa terjadi di wilayah manapun, namun lebih sering terjadi di negara beriklim subtropik dengan membentuk berbagai pola yang kompleks.
Rencananya, Dekan Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) Undip itu akan mengajak dan mengumpulkan para ilmuwan untuk mendiskusikan fenomena “crop circle” itu secara lebih lanjut. Lalu bgmnakah mnurut anda,,,,,,???????

Latest articles

Related articles

45 Comments

  1. Ass… Om? Sya mau tanya, kakak ipar sya bru pulang dr pulau bangka, skrg dia skit2an dan prnah mngluarkan drah dr hidung, sminggu yg llu dbwah kerumah sakit dan sudah pulang, tp skrg skitnya kmbuh lg, apakah kakak saya kena santet atau lainya, mhon pencerahanya

  2. Sebagai seorang muslim,saya tdk akan pernah percaya akan adanya ufo/alien,biasanya itu hanyalah ulah orang2 yg ingin mencari sensasi atau ulah jin2 yg ingin menyesatkan manusia

  3. askum pak dead man.
    pak sy punya usul ni pak..
    gmn kl pelajarannya dlm 1 hari ga usah banyak2..ya kl bs paling byk 3 pelajaran aja,jd yg lainya bs buat bsknya lagi…ya biar tiap hari slalu ada pelajaran gt lo pak dead man..trims

  4. e ya pak dead man
    salam knl dan ijin mau ikut ngampus di klas ini ya pak..
    tp pelajaranya jgn byk2..jd bingung sy nya..trims

  5. assalamu’alaikum wr wb
    _absen ahh,,,salam om @deathman
    salam juga semuanya,,,,
    _wah materinya menarik nih oom,,,tp ufo itu ada gak sihh,,,mohon mbah @khozin nrawang ke galaksi lain dong,,ada nda’ sihh,,,hehehe
    salam malm mingguan …

  6. arif s
    wele3..
    ufo hanya prodak kecanggihan manusia ternya…
    ufo yg sebenarnya ternya tdk ada tu om…dan kl ada mau jd apa planet kt ini..he3..

  7. tapak dan jejak yg ada di indonesia dan negara manapun tu jg hanya rekayasa manusia saja..ya karna teropsesi dr flm2 dan utk cari2 sensasi aja..ya bgt lah menesea..he3

  8. Just for laugh and joke… (Maaf apabila tak berkenan)
    Penyebab Crop Circle menurut Para Tokoh di Indonesia
    SBY : Crop circle itu kejadian misterius, sama misteriusnya dengan gaji saya 7 tahun tidak naik2.
    Aburizal Bakrie : Itu jelas sekali karena bencana alam, sama seperti kasus lumpur Lapindo.
    Nudirman Munir dkk: Kami tidak bisa menjawab karena tidak ada rujukan. Karena itu kami mau study banding dulu ke Inggris, Amerika, Belanda, dan Pattaya.
    Anis Matta : Apakah itu perbuatan UFO, manusia, atau fenomena alam, tidak bisa kami putuskan sendiri. Kita tunggu keputusan Setgab. Nanti kami kena re-shuffle kalo beda pendapat.
    Gayus : Itu merupakan perbuatan CIA
    Denny Indrayana : Saya minta kamu jujur, kamu itu buatan UFO atau manusia?
    Mu’nim Idris : Ditemukan tanda2 trauma dan kekerasan dalam proses pembuatannya
    Marzuki Alie : Itu merupakan pertanda bahwa gedung baru DPR harus segera dibangun
    Megawati : Proses pembuatan crop circle itu sudah dimulai sejak saat saya menjabat presiden
    Ruhut Sitompul : Itu tandanya UFO sayang kepada partai Demokrat dan pak SBY
    BHD : Kami tahu penyebab crop sircle. Kami punya rekamannya, sudah diserahkan ke Jaksa Agung.
    Hendarman S. : Rekaman itu ada, tapi cuma catatan komunikasi dari UFO ke KPK
    Cirrus Sinaga : Mau apa kamu ikut-ikut. Saya sedang sibuk..
    Nurdin Halid : Itu bisa terjadi berkat jasa Golkar
    Foke : Mana crop circle??? inikan cuma becek..:p

  9. Huahaaahaaahaaa… Kayak nya sih emang nakaban nya lagi puber hihihihi… Buat apa nakaban kalau ada asmak khidir yang lebih mantafff 😀 yang mau asmak khidir silahkan mendaftar ke mustika.siliwangi38@yahoo.com
    huahahahahaaaa… (khususon para akhwat saja ya) karna kalau para ikhwan biasanya sudah sakti huahahahaaaaa…

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here